PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 MUARO BODI SIJUNJUNG

Emilia, Junita and Gusmaweti, Gusmaweti and NURHARMI, NURHARMI (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 MUARO BODI SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (138kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan discovery pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Muaro Bodi Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yakni pertemuan 1, 2 dan akhiri pertemuan 3 dengan tes akhir siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam bertanya pada siklus I 67,5% meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Aktivitas belajar siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I 50% meningkat pada siklus II menjadi 72,5%. Aktivitas belajar siswa dalam berdiskusi pada siklus I 37,5% meningkat pada siklus II menjadi 70%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 orang siswa 14 orang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata- rata 74,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 70%. Hasil belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,65 dengan persentase ketuntasan 95%, 19 orang siswa telah memenuhi criteria ketuntasan minimal. Dari penelitian dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 07 Muaro Bodi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru Sekolah Dasar agar dapat membiasakan peserta didik untuk berfikir aktif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode discovery. dapat dipergunakan pada materi pelajaran yang lain dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci: Media Gambar, Metode discovery, IPA, aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:54
Last Modified: 25 Sep 2023 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item View Item