PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG

Hutami, Husna and Pebriyenni, Pebriyenni and Hendra, Hidayat (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (341kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Word Square terhadap hasil belajar ranah kognitif tingkat C1 (pengetahuan) dan C2 (pemahaman) pada pembelajaran PKn siswa kelas V di SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V sebanyak 57 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Kelas eksperimen yaitu kelas VB sedangkan kelas kontrol yaitu VA. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 17. Hasil penelitian kelas yang menerapkan model Word Square memiliki rata-rata hasil tes akhir 81,07 dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah memiliki rata-rata hasil tes akhir 75,52 dan hasil uji hipotesis yang diperoleh sebesar 0,042 < taraf signifikansi 0,05 yang berarti H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V pada ranah kognitif tingkat C1 (pengetahuan) dan C2 (pemahaman) dengan menerapkan model Word Square. Kata Kunci : Penelitian eksperimen, Model Word Square, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:14
Last Modified: 25 Sep 2023 07:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item