PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DI SDN 19 AUR MALINTANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Lova, Afria and Erman, Har and Hendra, Suherman (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DI SDN 19 AUR MALINTANG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (202kB)
[img] Text
FULL TEKS 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model Practice-Rehearsal Pairs di kelas IV SDN 19Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Aur Malintang, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa, lembar observasi psikomotor siswa, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran dan tes hasil belajar ranah kognitif siswa. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh ratarata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I 70,7 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,2. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 55% meningkat pada siklus II 85%. Berdasarkan hasil lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa, diperoleh persentase hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus I 74,9 meningkat menjadi 78,8 pada siklus II dan Berdasarkan hasil lembar observasi hasil psikomotor siswa, diperoleh persentase hasil psikomotor siswa pada siklus I 71,8 meningkat menjadi 77,5 pada siklus II Hal ini berarti pembelajaran IPA dengan menggunakan model Pratice Rehearshal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 19Aur Malintang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Practice-Rehearsal Pairs dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Practice-Rehearsal Pairs

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:34
Last Modified: 26 Sep 2023 06:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item