PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 10SURAU GADANG

Marli, Ustaziah and Erman, Har and rieke, alyusfitri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 10SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (188kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievemnt Divisions(STAD), Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional, Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang menerapkan model pembelajaran STAD dengan hasil belajar IPA siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 47 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat pada rata-rata kelas yang terendah, kelas eksperimen adalah kelas V B dan kelas kontrol adalah V A. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran STAD dengan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata nilai IPA kelas eksperimen 86,53 dan kelas kontrol 80. Dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan = 2,22 dan = 1,67 ( > ) dengan demikian hipotesis dapat diterima (H0 ditolak dan H1 diterima). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Student Teams Achievemnt Divisions(STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Student Teams Achievemnt Divisions (STAD) dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Student Teams Achievement Divison, Hasil Belajar, IPA. UNIVERSITA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:39
Last Modified: 26 Sep 2023 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item View Item