PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 31 PS.AMBACANG KURANJI PADANG

Nori, Malini and Gusmaweti, Gusmaweti and Ira Rahmayuni, Jusar (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 31 PS.AMBACANG KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (31kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran role playing dengan metode konvensional di kelas V SDN 31 Ps.Ambacang Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Tempat penelitian di SDN 31 Ps.Ambacang Kuranji Padang dengan jumlah sampel penelitian ada dua kelas yaitu siswa kelas V A dan V B dengan jumlah siswa 44 siswa. Penentuan kelas sampel menggunakan total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPA siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang yang digunakan yaitu objektif, dan dilanjutkan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar aspek kognitif IPA, rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 86,96 dan pada kelas kontrol yaitu 80,24. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t manunjukkan thitung >ttabel dengan nilai thitung sebesar 2,98 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar aspek afektif IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,09 dan 73,86. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung >ttabel dengan nilai thitung sebesar 2,02 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar aspek kognitif dan afektif IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Kata Kunci: role playing, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:58
Last Modified: 27 Sep 2023 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16629

Actions (login required)

View Item View Item