PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 38 CUMATEH KEC. KOTO XI TARUSAN KAB. PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

REFNAWATI, REFNAWATI and Wince, Hendri and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 38 CUMATEH KEC. KOTO XI TARUSAN KAB. PESISIR SELATAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi dan hasil belajar kognitif aspek pemahaman (C2) IPA siswa setelah menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38 Cumateh Kec. Koto XI Tarusan Kab. Peisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa dan guru serta lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 38 Cumateh Kec. Koto XI Tarusan Kab. Peisir Selatan yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase siswa bertanya pada siklus I adalah 52.50%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh 75.00%. Rata-rata persentase siswa menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 45.00%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh 62.50%. Rata-rata persentase siswa berdiskusi pada siklus I adalah 57.50%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh 82.50%. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 67.86%, sedangkan pada siklus II adalah 78.57%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 40,00% dengan nilai rata-rata 60.5 sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 95% dengan nilai rata-rata 88.0. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui metode pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD 38 Cumateh Kec. Koto XI Tarusan Kab. Peisir Selatan. Peneliti menyarankan dalam penggunaan metode pembelajaran demostrasi hendaknya guru memperhitungkan efesiens waktu dan siswa yang meribut. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:59
Last Modified: 29 Sep 2023 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16675

Actions (login required)

View Item View Item