PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARANPKn MELALUI METODE TAKE AND GIVE DI SD NEGERI 30 PASAR LAKITAN

Reziza, Etika Putri and NURHARMI, NURHARMI and Muhammad, Sahnan (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARANPKn MELALUI METODE TAKE AND GIVE DI SD NEGERI 30 PASAR LAKITAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa.Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dapat ditunjukkan dengan nilai ulangan harian siswa.Pada nilai ulangan harian, siswa yang mampu mencapai KKM hanya 6 orang siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn dengan metode Take and Give di SDN 30 Pasar Lakitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 30 Pasar Lakitan.Instrument penelitian lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi hasil belajar afektif siswa dan lembar tes hasil belajar kognitif siswa.Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn diperoleh persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 45.4% dan pada siklus II 76.1%. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada aspek pengetahuan sebesar 69.3% pada siklus I dan pada siklus II sehingga menjadi 76.1%. Hasil belajar kognitif siswa pada aspek pemahaman sebesar 56.5% pada siklus I pada siklus II sehingga menjadi 73.9%. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan metode Take and Give pada siswa kelas V SDN 30 Pasar Lakitan. Kata kunci: Hasil Belajar, PKn ,Take and Give

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:07
Last Modified: 29 Sep 2023 07:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item