PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 09 SURAU GADANG PADANG

Syoffia, Yesnovdahlia and Erman, Har and rieke, alyusfitri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 09 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (134kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional, mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan hasil belajar IPA siswa dengan pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Surau Gadang Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sebanyak 42 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan hasil belajar IPA siswa penerapan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan perolehan rata-rata kelas kontrol (eksperimen = 80,22 > kontrol = 76,00) dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung= 2,10 > ttabel = 1,68). Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 09 Surau Gadang Padang. Melihat hasil penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA dan perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:19
Last Modified: 02 Oct 2023 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16691

Actions (login required)

View Item View Item