PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DI SDN 01 PANCUNG SOAL

Weri, Siska and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DI SDN 01 PANCUNG SOAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Dalam setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap sikulus dilakukan dua kali pertemuan dan diakhir pertemuan dilakukan ulangan harian untuk melihat tingkat ketuntasan siswa. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 01 Pancung Soal yang berjumlah 20 Orang Instrumen yang adalah lembaran observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan telah terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu siswa mengeluarkan pendapat presentase dari 30,3 % menjadi 65,0% , siswa memberikan tanggapan presentase rata-rata hanya 27,5% menjadi 70,0%, siswa mengajukan pertanyaan presentase 17,5 % pada siklus I naik menjadi 80%, Siswa mengerjakan kuis meningkat 100% pada siklus II. Sementara itu hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 55% naik menjadi 78% pada siklus II. Siswa yang tidak tuntas pada siklus I dari 45% turun menjadi 22%. Begitu juga rata-rata klasikal pada siklus I 62,0 naik menjadi 78,05 pada siklus II, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD telah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas, STAD, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:36
Last Modified: 02 Oct 2023 03:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item