PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 7 MUARO BODI SIJUNJUNG

YUNIA, AMITA and Gusmaweti, Gusmaweti and rona, taula Sari (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 7 MUARO BODI SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (158kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan metode konvensional dalam pembelajaran IPA dikelas V SD Negeri 7 Muaro Bodi Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain “Randomized Control Group Posttest Only Design” populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 7 Muaro Bodi Sijunjung yang terdiri dari kelas VA dan VB berjumlah 40 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara random sampling didapatkan kelas VB sebagai eksperimen dan kelas VA sebagai kontrol. Instrumen penelitian adalah soal tes hasil belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data berdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar IPA aspek kognitif kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh nilai rata-rata 82,25, dan hasil belajar IPA siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 76,5, dengan taraf uji statistik (α =0,05) diperoleh thitung= 2,32 dan ttabel= 1,68 maka thitung > ttabel , maka hipotesis diterima. Sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh rata-rata 77,05 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 69,95, dengan taraf uji statistik (α =0,05) diperoleh thitung= 2,46 dan ttabel= 1,68 maka thitung > ttabel , maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:54
Last Modified: 02 Oct 2023 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16709

Actions (login required)

View Item View Item