STUDI TENTANG PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) GURU PENJASORKES DI SDN KECAMATAN RIMBO ILIR KABUPATEN TEBO

FIRSTANTIA, KURNIAWATI and Jaslindo, Jaslindo and Lucy, Oktavani (2017) STUDI TENTANG PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) GURU PENJASORKES DI SDN KECAMATAN RIMBO ILIR KABUPATEN TEBO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
34. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah peneliti ingin melihat Proses Belajar Mengajar Guru Penjasorkes sesuai kurikulum yang berlaku di SDN Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian Proses Belajar Mengajar Penjasorkes di SDN Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru di SDN Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo sebanyak 9 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling, maka sampel sebanyak 9 orang. Instrumentasi untuk memperoleh data yaitu peneliti mengamati kinerja guru dengan menggunakan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Setelah data berhasil dikumpulkan dan dikelompokkan ke dalam tabel. Analisa dengan menghitung frekuensi dan persentase jawaban: 1= Sangat Tidak Baik 2= Tidak Baik 3= Kurang Baik 4= Baik 5= Sangat Baik. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Variabel pra pembelajaran diperoleh ketercapaian skor sebesar 48,89% berada pada kategori cukup. Variabel kegiatan inti pembelajaran diperoleh ketercapaian skor sebesar 52,33% berada pada kategori cukup. Variabel penutup pembelajaran diperoleh ketercapaian skor sebesar 52,22% berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa Proses Belajar Mengajar Penjasorkes di SDN Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo dengan tingkat pencapaian 51,15% dengan klasifikasi cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:45
Last Modified: 11 Oct 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item