PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 PADANG

Yogi, Refsyan Yani and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
2. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penyebab hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang mayoritas berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah guru lebih mendominasi jalannya proses pembelajaran sehingga sebagian besar informasi yang diperoleh siswa masih merupakan informasi dari guru. Siswa jarang bertanya atau mengutarakan pendapatnya, sehingga interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa jarang terjadi. Oleh sebab itu, guru sebagai pendidik harus mampu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan apakah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapakan pembelajaran biasa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran biasa siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas yaitu VII sampai VII . Sampel diambil sebanyak dua kelas yang memiliki homogenitas dan mempunyai kesamaan rata-rata. Setelah dilakukan uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, maka untuk kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VII dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VII . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh = 0,7607 UNIVERSITAS BUNG HATTAii sedangkan = 1,672 karena < maka hipotesis H ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H . Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Penulis menyarankan agar guru atau pembaca dapat menerapkan pendekatan Reciprocal Teaching ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:13
Last Modified: 16 Oct 2023 02:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item