Muthiah, As Saidah and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN STRATEGI MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
3. COVER.pdf Download (690kB) |
|
Text
3. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikarenakan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan pada saat mengerjakan latihan hanya beberapa siswa yang aktif mengerjakannya sedangkan yang lain hanya menyalin jawaban teman yang sudah selesai. Oleh karena itu, salah satu strategi Pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Mastery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi Mastery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Mastery Learning dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang dan mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan strategi Mastery Learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar matematika yang menerapkan strategi Mastery Learning pada siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang dan hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Mastery Learning lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran biasa siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas yang homogen. Pengambilan sampel secara random sampling karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan UNIVERSITAS BUNG HATTAii rata-rata terpenuhi maka yang dipilih VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dari aktivitas siswa yang menerapkan strategi Mastery Learning, aktivitas siswa yang diamati cenderung meningkat dari setiap pertemuan dan berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 3,4335 dan = 1,681. Karena > maka hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Mastery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi Mastery Learning dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:14 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16856 |
Actions (login required)
View Item |