PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ADZKIA PADANG

Miklayu, Gustina and Lutfian, Almash and Yusri, Wahyuni (2017) PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ADZKIA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5. COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku manusia menjadi lebih baik. Dilingkungan sekolah, perubahan tersebut dapat dilihat melalui prestasi belajar. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh berbagai faktor ekternal dan faktor internal, diantarannya yaitu cara belajar siswa dan metode mengajar guru. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalahrendahnya prestasi belajar matematika dikarenakan cara belajar siswa yang belum memadai, metode yang digunakan guru masih monoton, serta masih memposisikan dirinya sebagai pentransfer ilmu, dan hasil belajar matematika siswa pada ujian tengah semester ganjil masih banyak dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan cara belajar siswa dalam mempelajari matematika, untuk mengetahui metode mengajar guru menurut persepsi siswa, dan untuk mengetahui apakah cara belajar siswa dan metode mengajar guru terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP Islam Terpadu Adzkia Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berjenis correlational studydengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Adzkia Padang. Teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi, angket cara belajar matematika siswa, dan metode mengajar guru menurut persepsi siswa, serta tes prestasi belajar matematika selama satu semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis regresi berganda dengan persamaan regresi yang diperoleh Y = −27,472 + 1,003 X + 0,576 X . Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, cara belajar siswa dan metode mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajarmatematika siswa. Darihasilpenelitiandiharapkansiswamemilikicara belajar yang baik agar membentuk kebiasaanbelajaryang baikdalambelajarmatematika.Dengan memperbaiki cara belajar yang baik dapat meningkatkanprestasi belajar yang membuathasilbelajarmenjadilebihbaik. Selainitu,diharapkanguru jugamemberikanbimbingandandorongankepadasiswa agar memperbaikicara belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:16
Last Modified: 16 Oct 2023 02:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item