PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PERTIWI 2 PADANG

Yunike, Zulfionita and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP PERTIWI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
7. COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
7. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Satu diantara mata pelajaran yang ada dalam silabi baik tingkat dasar sampai dengan tingkat menengah atas adalah mata pelajaran matematika. Pendidikan matematika demikian pentingnya sehingga dalam satuan pendidikan menengah pertama dan menengah atas diberikan lebih dari 5 jam seminggunya dan relatif besar dibanding mata pelajaran lain, seperti IPS ataupun Bahasa. Dalam proses pembelajaran dituntut keaktifan siswa untuk memperluas materi, selain materi yang diberikan guru untuk dipelajari dirumah. Siswa harus lebih aktif dalam memperoleh keterangan yang lebih banyak, sampai siswa dapat memahami materi sebaik mungkin karena belajar akan lebih berhasil bila siswa sendiri yang melakukannya. Namun, berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang terlihat kurangnya kesungguhan dan keseriusan siswa dalam belajar matematika. Kondisi ini dapat dilihat melalui tingkah laku siswa saat mengikuti pembelajaran. Sebagian siswa banyak yang tidak fokus dalam belajar dan cenderung melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya tidak positif. Proses pembelajaran matematika juga terlihat bahwa proses pembelajarannya masih terpusat pada guru. Siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut diduga menjeadi penyebab hasil belajar matematika yang diperoleh siswa SMP Pertiwi 2 Padang masih banyak berada di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi terhadap jalannya pembelajaran di kelas. Penggunaan model dalam pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dengan baik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik pula. Model yang diduga dapat membuat proses pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan adalah melalui penerapan model Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model Student Facilitator and Explaining ii lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranya menerapkan model Student Facilitator and Explaining lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas yaitu VII sampai VII . Sampel diambil sebanyak dua kelas yang memiliki homogenitas dan mempunyai kesamaan ratarata. Untuk kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VII dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VII . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh = 1,6919 sedangkan = 1,6685 pada = 0,05. Dengan demikian > ini berarti hipotesis diterima. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Student Facilitator and Explaining lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Pertiwi 2 Padang. Peneliti menyarankan agar guru atau pembaca dapat menerapkan model Student Facilitator and Explaining ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:17
Last Modified: 16 Oct 2023 02:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16858

Actions (login required)

View Item View Item