PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA 1-7 PADANG

Dewita, Sari and NINIWATI, NINIWATI and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA 1-7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9. COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
9. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang di bawah KKM, kurangnya rasa percaya diri dan kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh siswa berkemampuan tinggi. Alternatif usaha yang dapat dilakukan yaitu menerapkan Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP Kartika 1- 7 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII. 2 dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen, maka untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh = 4,4218 dan = 1,67 pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga > . Dengan demikian hipotesis H diterima, artinya hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika ii dapat menerapkan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:55
Last Modified: 16 Oct 2023 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item