PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PADANG

Mona, Angraini and Lutfian, Almash and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10. COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
10. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan. Dengan diterapkannya model ini diharapkan siswa dapat merespon materi pembelajaran dengan baik, seperti bertanya, memberikan pendapat, mendengarkan penjelasan dari teman ataupun guru, dan menyelesaikan soal matematika bersama temannya untuk dapat saling bertukar pikiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 15 Padang selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan pembelajaran biasa. Mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa dikelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan pembelajaran biasa? Hipotesis pada penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa dikelas VIII SMP Negeri 15 Padang. ii Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil dua kelas menggunakan uji homogenitas variansi dan dipilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari empat indikator kelas eksperimen dan tiga indikator kelas kontrol aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas yang dilakukan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara umum mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri 9 butir soal uraian. Kemudian hasil tes siswa dianalisis menggunakan rumus . Diperoleh =4,74 dan db=1 dengan 0,01 < < 0,025 sehingga p < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan pembelajaran biasa. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:54
Last Modified: 16 Oct 2023 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item