PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMKN 1 PASAMAN

Tricky, Yandri and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMKN 1 PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11. COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text
11. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penyampaian materi yang sama untuk semua siswa dalam waktu yang bersamaan dengan metode ceramah seperti yang biasa dilakukan guru dikelas akan merugikan siswa, artinya jika guru mengikuti kecepatan belajar siswa dengan kecepatan menyerap pelajaran tinggi maka siswa yang kecepatan menyerap pelajarannya rendah akan ketinggalan. Jika sebaliknya, mengakibatkan terhambatnya kemajuan belajar bagi siswa yang berkemampuan lebih baik. Untuk itu, guru haruslah pandai memilih metode pembelajaran yang cocok untuk permasalahan tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu. Pada saat proses pembelajaran, siswa dibentuk oleh guru dalam berkelompok secara heterogen yang bertujuan supaya siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan lemah saling membantu dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa jurusan administrasi perkantoran kelas X SMKN 1 Pasaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di jurusan administrasi perkantoran kelas X SMKN 1 Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X administrasi perkantoran SMKN 1 Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, terpilih kelas X jurusan administrasi perkantoran 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X jurusan administrasi perkantoran 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir belajar siswa, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan uji . Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh dan pada tingkat kepercayaan , sehingga . Dengan demikian, hipotesis yang diajukan tolak yaitu Hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:52
Last Modified: 16 Oct 2023 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item