Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan.

Edwin, Gursi Naldo and Mukhni, Mukhni and Fauziah, Fauziah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
12. ABSTRAK.pdf

Download (695kB)
[img] Text
12. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab banyak nilai siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan. dibawah Kriteria ketuntasan Minimum (KKM) adalah Sebagian besar pembelajaran yang terpusat pada guru. Masih banyak hasil belajar siswa yang berada di bawah KKM. Minat siswa dalam belajar matematika masih kurang. Oleh sebab itu, guru harus mampu memilih model yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas yaitu VIII sampai VIII . Sampel diambil secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VIII . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh = 2.76 sedangkan = 1.68 karena > maka hipotesis H ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H . Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan. Penulis menyarankan agar guru atau pembaca dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:22
Last Modified: 16 Oct 2023 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item