PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK CERSA PASAMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mirwan, Efendi and Desfitri, Rita and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK CERSA PASAMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
13. COVER.pdf

Download (958kB)
[img] Text
13. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM, kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa hanya dihadapkan dengan konsep matematika terlebih dahulu, kemudian siswa dilatih untuk mengerjakan latihan berdasarkan prosedur yang diberikan oleh guru. Alternatif usaha yang dapat dilakukan yaitu menerapkan Model Problem Based Learning. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMK Cersa Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas X SMK Cersa Pasaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Cersa Pasaman tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel diambil dari dua kelas homogenitas dan mempunyai kesamaan rata-rata lalu diambil secara acak. Berdasarkan analisis data hasil belajar kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen, maka untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh = 1,99 dan = 1,30 pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga > . Dengan demikian hipotesis H diterima, artinya hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran biasa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:31
Last Modified: 16 Oct 2023 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16864

Actions (login required)

View Item View Item