PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 4 PADANG

Rahma, Laila Putri and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 4 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
14. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar matematika siswa yang masih kurang dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Sesuai dengan latar belakang masalah, proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa kesulitan mengeluarkan pendapat dan bertanya, rasa kerjasama dan tanggung jawab dengan tugas masing-masing siswa masih rendah, siswa masih kurang mampu untuk mejawab soal latihan yang telah divariasikan oleh guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Quiz. Hipotesis penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Quiz lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 4 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Quiz lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 33 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebanyak 33 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian diperoleh uji hipotesisnya adalah = 4,96 dan dengan = 1, didapat < 0,05, berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, ii hipotesis yang menyatakan bahwa proporsi hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannnya menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Quiz lebih tinggi dari proporsi hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 4 Padang. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Quiz lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajran biasa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:38
Last Modified: 16 Oct 2023 03:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item