PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT DISERTAI KARTU PANGGILAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-6 PADANG

Dedef, Marianti and NINIWATI, NINIWATI and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SPOTLIGHT DISERTAI KARTU PANGGILAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA 1-6 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text
15. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP Kartika 1 – 6 Padang yang terlihat pada observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 2 sampai 9 September 2016 adalah Siswa kurang memperhatikan guru saat menerangkan materi dan melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pembelajaran matematika. Kurangnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran, siswa hanya menyalin yang dicacatkan oleh guru dipapan tulis kemudian mendengarkan penjelasan guru. Selain itu siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan soal- soal yang diberikan oleh guru. Ketika diberi soal latihan yang berbeda dengan contoh soal, siswa tidak mampu menyelesaikannya. Oleh karena itu, salah satu taknik pembelajaran Spotlight disertai kartu panggilan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik pembelajaran Spotlight disertai Kartu Panggilan lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik pembelajaran Spotlight disertai Kartu Panggilan lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian ekperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kartika 1 – 6 Padang pada tahun pembelajaran 2016 / 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh = 1,81 dan db = 1 diperoleh (0,20) 0,05 0,10 2 1 (0,10) 2 1  p    p  oleh karena < 0,05 berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik pembelajaran Spotlight disertai Kartu Panggilan lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:34
Last Modified: 16 Oct 2023 03:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item