PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHAREPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 PARIAMAN

Dina, Islami Kasmar and Rita, Desfitri and Khairudin, Khairudin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHAREPADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16. COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
16. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya motivasi, kreatifitas dan keaktifan siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika di SMPN 3 Pariaman masih kurang. Pada saat guru menjelaskan materi pelajaran dan meminta siswa bertanya jika ada siswa yang tidak mengerti, mereka tidak mau bertanya karena malas dan malu bertanya kepada guru. Pada pembelajaran berlangsung pun ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan latihan yang diberikan guru dan tidak mau memperhatikan guru menerangkan pelajaran. Pada saat guru memberikan soal dan meminta siswa mengerjakan di papan tulis, hanya siswa yang sama saja yang mau mengerjakan ke depan kelas, dan jika guru memberikan soal yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan, siswa kesulitan mengerjakan soal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatiftipeThink Pair Sharedalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang menerapkan model pembelajaranTPSdenganproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajardenganmenggunakanpembelajaran biasa pada kelas VII SMPN 3 Pariaman. Hipotesispadapenelitianiniadalahproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikadenganmenerapkan model pembelajaran TPSlebihbaikdaripadaproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikadenganmenerapkanpembelajaranbiasapada kelas VII SMPN 3Pariaman. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahsis wakelasVII SMPN 3pariamantahunpelajaran 2015/2016.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelasVII.6 sebagai kelas kontrol Data hasilbelajardidapatkandaritesakhir yang dilakukanpadakeduakelassampel. Dari hasilanalisistesakhirdiperolehdiperoleh hitung = 10,01dan tabel = 3,84. hitung = 10,37 terletak pada 6,64 < < 10,83.Sehingga nilai peluang (p) yang diberikan untuk = 1 diperoleh (0,001) < < (0,01)atau 0,0005 < < 0,005.Oleh karena < 0,05 berarti tolak dan terima . Dengan demikian, disimpulkan bahwa proporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikadenganmenerapkan model pembelajaran TPSlebihbaikdariproporsisiswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematikadenganmenerapkan model pembelajaranbiasapadasiswakelas VII SMPN 3 Priaman.Olehkarenaitu, penulismenyarankan agar model pembelajaran ii TPSdapatmenjadisalahsatualternatifbagi guru untuk memperbaikihasilbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:36
Last Modified: 16 Oct 2023 03:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item