PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL BERBASIS WEB PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA KELAS X

Robby, Ramli and Edrizon, Edrizon and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL BERBASIS WEB PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA KELAS X. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
20. COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text
20. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat akhir-akhir ini menuntut semua orang untuk dapat menguasai informasi dan pengetahuan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, para guru juga diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran hasil-hasil pengetahuan dan teknologi tersebut. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, guru sebagai seorang pemandu hendaknya membuat pembelajaran menjadi lebih menarik yang mendorong siswa dapat belajar secara sungguh-sungguh, baik dalam pembelajaran di kelas maupun belajar mandiri. Salah satu kendala dalam pembelajaran saat ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menyulitkan siswa dalam memahami materi dimensi tiga. Berdasarkan masalah tersebut, penulis ingin membuat dan mengembangkan suatu media pembelajaran. Dengan media pembelajaran tersebut, diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada materi jarak titik dalam ruang dimensi tiga. Selain itu juga, siswa dapat terbantu untuk mengulang pelajaran sendiri dirumah. Media pembelajaran ini, dikembangkan dengan model tutorial berbasis web. Selain dapat diakses melalui jaringan internet secara online, media pembelajaran ini juga dapat ditampilkan secara offline. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif model tutorial berbasis web yang valid, praktis, dan efektif digunakan oleh siswa sebagai perangkat pembelajaran.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, dilanjutkan dengan merancang dan mengembangkan draf produk, sehingga dilakukannya uji coba lapangan awal guna melihat respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Dari hasil penelitian, yang terdiri dari hasil analisis lembar validasi yang dilakukan sebanyak tiga kali, maka didapat kesimpulan bahwa media ii pembelajaran matematika interaktif model tutorial berbasis web adalah baik dan dapat digunakan dengan tanpa revisi, sedangkan dari hasil lembar angket uji praktikalitas diperoleh bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan adalah positif sebesar 95,41%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif model tutorial berbasis web yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran matematika. Karena pada penelitian ini tahap penelitian hanya sampai pada uji coba lapangan awal, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan saran siswa, maka media pembelajaran ini perlu dikembangkan pada materi matematika lainnya untuk keperluan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:57
Last Modified: 16 Oct 2023 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item