PENERAPAN STRATEGIPEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE 5E) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA I-7 PADANG.

Adnan, S and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN STRATEGIPEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE 5E) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA I-7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
21. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru dan kurangnya respon siswa dalam interaksi siswa dengan guru maupun antara siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya atau siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung. Untuk mengatasi keadaan tersebut, penelitimelakukan penelitian dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Siklus(Learning Cycle 5E)dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuimotivasi dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran siklus(Learning Cycle 5E) pada siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang.Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan hasilbelajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran siklus(Learning Cycle 5E)lebih tinggi daripeningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkanpembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.4sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Motivasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum dan perindikator mengalami peningkatan. Secara umum peningkatan motivasi tersebut bernilai gain 0,51 dengan interpretasi sedang, dan dilihat perindikator peningkatan motivasi tersebut bernilai gain 0,52 dengan interpretasi sedang. Sedangkan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian, setelah dilakukan uji N-Gaindiperoleh = 0,32 sebagai kelas eksperimen dan = 0,05 sebagai kelas kontrol. Oleh karena > , dengan demikian tolak dan terima , maka disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengunakan strategi pembelajaran siklus (Learning Cycle 5E)pada kelas VIII SMP Kartika I-7 Padang lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:56
Last Modified: 16 Oct 2023 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16871

Actions (login required)

View Item View Item