Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017

IRWANTO, IRWANTO and Mukhni, Mukhni and Fauziah, Fauziah (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22. ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
22. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa, kurangnya respon siswa untuk menanggapi pertanyaan guru, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya dan kurangnya keinginan siswa untuk belajar pada saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa di kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa VII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sehingga terpilih kelas VII.1 sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian dan dilihat sama dengan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel. Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen sama dengan kelas yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus t-tes pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh = 1,267 dan t = 1,59. Karena t < t maka hipotesis yang diajukan ditolak. UNIVERSITAS BUNG HATTAii Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Think Talk Write sama baiknya dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa, dan penulis menyarankan agar guru matematika mempertimbangkan untuk menerapkan model pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:42
Last Modified: 16 Oct 2023 03:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item