PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PADANG

Laurencius, Alfaret and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23. COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text
23. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang optimalnya komunikasi antara guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang yang membuat siswa cenderung sebagai pendengar pasif dan keaktifan siswa kurang terlihat serta kurang terampilnya siswa dalam mengerjakan contoh soal yang diberikan guru. Sehingga menyebabkan hasil pelajaran siswa menjadi dibawah KKM. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut upaya yang dilakukan peneliti adalah menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Practice-Rehearsal Pairs.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Practice- Rehearsal Pairs lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 15 Padang. Hipotesis Penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Practie-Rehearsal Pairs lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 15 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dan terpilih kelas VII3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Tes terdiri dari 16 butir soal, dari analisis hasil uji coba tes diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,89 (derajat reliabilitas tinggi). Pengujian hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata pada taraf  = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = 5,29 dan t tabel = 1,6698 karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Practice-rehearsal Pairs lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 15 Padang. Penulis menyarankan agar hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan atau masukan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sama maupun penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:41
Last Modified: 16 Oct 2023 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16873

Actions (login required)

View Item View Item