Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan LKS pada Kelas VII SMP Negeri 9 Pariaman

Marzulimai, Marzulimai and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) Penerapan Metode Buzz Group dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan LKS pada Kelas VII SMP Negeri 9 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
24. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RendahnyahasilbelajarmatematikasiswaKelas VII SMP Negeri 9 Pariaman, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu peran guru lebih dominan dibanding siswa, siswa tidak terbiasa mengemukakan pendapat dan bertanya dalam pembelajaran. Olehkarenaitu, salahsatumetodePembelajaranyang dapatdigunakanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahMetodeBuzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranya menerapkan MetodeBuzz Grouplebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaranbiasapadasiswakelasVII SMP Negeri9 Pariaman.Pertanyaanpenelitianiniadalahbagaimanakahaktivitasbelajarmatematikasisw akelas VII SMP Negeri 9 PariamanjikapembelajaranmenerapkanmetodeBuzz Group?.Hipotesispenelitianiniadalahhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan MetodeBuzz Grouplebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaranbiasapadasiswakelasVII SMP Negeri9 Pariaman. Jenispenelitian yang digunakanadalaheksperimen.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVII SMP Negeri9 Pariamantahunpelajaran 2016/2017sebanyakduakelas yang homogen. Sampel dalampenelitianiniadalahsiswakelas VII1sebagai kelas kontrol dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi, terdiri dari 4 indikator aktivitas siswa yang diamati dalam penerapan MetodeBuzz Group. Hasil diperoleh adanya kecenderungan peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan data hasil UNIVERSITAS BUNG HATTAii belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α=0,05. Dari data hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,935 dan ttabel = 1,6735 pada taraf α=0,05 karenadidapatthitung>ttabel maka hipotesis penelitianditerima.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa hasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan MetodeBuzz Grouplebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakanpembelajaranbiasapadasiswakelasVII SMP Negeri9Pariaman. Berdasarkanhasilpenelitianini, penulismengharapkan guru bidangstudimatematikadapatmenggunakanMetodeBuzz Group dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:10
Last Modified: 16 Oct 2023 04:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16874

Actions (login required)

View Item View Item