PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PADANG

Gustrina, Gustrina and Susi, Herawati and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
25. COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
25. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena 79,41% nilai matematika siswa masih berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Sesuai dengan latar belakang, proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga siswa kesulitan ketika diberikan soal terkait dengan materi yang diajarkan. Selain itu, Pada saat guru meminta salah seorang siswa untuk mengerjakan latihan di depan kelas masih ada siswa yang tidak mau karena takut salah dan tidak yakin dengan jawaban yang telah dikerjakannya sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran Team Asisted Individualization. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran Team Asisted Individualization sama baik dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran Team Asisted Individualization lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Untuk pengambilan sampel digunakan teknik Random Sampling dengan kelas eksperimen adalah kelas VIII/5 dan kelas kontrol adalah kelas VIII/2. Berdasarkan analisis data diperoleh = 0,7611 dan = 1,64 pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga < . Dengan demikian hipotesis H diterima, artinya hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran Team Asisted Individualization sama baiknya dengan hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya bisa dapat mengantisipasi permasalahan yang pernah peneliti dapatkan agar tidak terulang oleh peneliti selanjutnya dan membuat penelitian stategi pembelajaran Team Asisted Individualization bisa meningkatkan hasil belajar pada sekolah yang peneliti selanjutnya laksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:04
Last Modified: 16 Oct 2023 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item