PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMPN 29 PADANG

Anisa, Fitri and Lutfian, Almash and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMPN 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26. COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
26. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang salah satunya disebabkan siswa kurang berani menyampaikan pendapat atau pengetahuan yang dimilikinya kepada siswa lain maupun guru. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Dengan diterapkannya model ini diharapkan dapat melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapatnya sendiri serta dapat mengukur kemampuan siswa dengan diadakannya kuis disetiap pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang pada saat diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di bandingkan dengan pembelajaran biasa. Dan mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Expalining lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Pertanyaaan pada penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang selama diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dibandingkan pembelajaran biasa? Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. UNIVERSITAS BUNG HATTAii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol dan VIII.3 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen. Aktivitas belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol dan data kuis diperoleh dari pemberian kuis disetiap awal pembelajaran. Persentase ketuntasan siswa pada kuis cenderung lebih tinggi kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Sedangkan hasil belajar kedua kelas sampel penelitian setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 4,57 dan db = 1 dengan 0,01 < < 0,025 . Oleh karena < 0,05 berarti ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:06
Last Modified: 16 Oct 2023 04:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16876

Actions (login required)

View Item View Item