PENERAPAN METODE GUIDED TEACHING DISERTAI QUIZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 SOLOK SELATAN

PETRIN, FEBRIANTI ZEIN and Khairudin, Khairudin and Fazri, Zuzano (2017) PENERAPAN METODE GUIDED TEACHING DISERTAI QUIZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Solok Selatan. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah peran guru lebih dominan dibanding siswa, siswa kurang berpartisipasi selama proses pembelajaran, dan kurangnya motivasi untuk belajar pada diri siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan Metode Guided Teaching disertai Quiz dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Metode Guided Teaching disertai Quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 3 Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Metode Guided Teaching disertai Quiz lebih baik, jika dibandingkan pada siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Metode Guided Teaching disertai Quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 3 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Solok Selatan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 126 orang. Sampel diambil dua kelas secara acak terpilih kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes Quiz dan tes hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:45
Last Modified: 19 Oct 2023 03:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16883

Actions (login required)

View Item View Item