PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGREI 3 PADANG

SHANY, PUTRI NADIA and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGREI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
4.COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
4. ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar nilai ulangan harian pertama matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 masih berada di bawah KKM. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu siswa kurang berpartisipasi dalam belajar dan pemahaman siswa terhadap materi masih kurang, sehingga pada soal latihan beberapa orang siswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Hipotesis penelitian Perbandingan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Student Teams Achievement Division lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah VII.3 kelas eksperimen dan VII.4 kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan. Untuk pengujian hipotesis pertama digunakan uji t-tes pada taraf α = 0,05 menggunakan data tes akhir untuk tes hasil belajar siswa. Data hasil perhitungan tes akhir diperoleh P = 0,257 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaraan kooperatif tipe Student UNIVERSITAS BUNG HATTAii Teams Achievement Divisions lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru bidang studi matematika dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:42
Last Modified: 19 Oct 2023 03:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16884

Actions (login required)

View Item View Item