PENERAPAN STRATEGI TRADING PLACES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANGGASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Syarifatunnissa, Finna and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN STRATEGI TRADING PLACES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANGGASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
6. COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanggasan Kabupaten Padang Pariaman, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu tidak terbiasanya siswa berbagi ilmu pengetahuan dengan temannya, kurangnya komunikasi dan interaksi antar siswa saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang mengenal karakter temannya, kurangnya kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Serta siswa malas untuk bertanya, mengajukan pendapat, dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Kalaupun ada yang bertanya, pertanyaan yang diajukan hanya pertanyaan yang ada di dalam buku dan siswa yang bertanya hanya siswa yang berkemampuan tinggi saja. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan penerapan strategi Trading Places pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Trading Places lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanggasan Kabupaten Padang Pariaman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanggasan Kabupaten Padang Pariaman. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Trading Places lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanggasan Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanggasan Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebanyak 23 orang sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:09
Last Modified: 19 Oct 2023 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16886

Actions (login required)

View Item View Item