PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE(QSH) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG

Irna, Puspita and Zulfa, Amrina and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE(QSH) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9. COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
9. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkanobservasi yang telah penulis lakukan di SMPN 12Padangdidapatkanbahwa pada proses pembelajaranguru telah menggunakan pendekatan saintifik. Guru sudah memberikan kesempatan untuk siswa bertanya tentang materi yang belum mereka pahami. Tetapi mereka masih ragu-ragu untuk bertanya dan mereka susah untuk mengungkapakan pertanyaan yang dimilikinya. Pada saat proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang kurang serius dalam belajar. Untuk mengatasi keadaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Starategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have (QSH) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang ”. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui perkembangan Keterampilan Bertanya Siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 12 Padang selama menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe QuestionStudent Have, dan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have dengan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 12 Padang.Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematikayang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Question StudentHavelebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematikayang pembelajarannya menerapkanpembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:04
Last Modified: 19 Oct 2023 04:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item