PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG

Indra, wirdani and Susi, Herawati and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10 COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text
10. ISI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena hasil belajar matematika siswa yang masih banyak berada di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika, diantaranya kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Pembelajaran masih berlangsung satu arah, yaitu dari guru ke siswa. Siswa cendrung diam ketika guru menanyakan pemahaman tentang materi yang diajarkan. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 3 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Untuk pengambilan sampel digunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t-tes pada taraf α = 0,05. Dari perhitungan diperoleh thitung = 1,73 dan ttabel = 1,67 karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian, hipotesis yang diterima yaitu bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran ini sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:02
Last Modified: 19 Oct 2023 04:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item