Febrina, Ariska and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN STRATEGIIMPROVEDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELASVIII SMPN 2 BAYANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
11. COVER.pdf Download (614kB) |
|
Text
11. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matemaika siswa kelas VIII SMPN 2 Bayang disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya kurangnya rasa percaya diri siswa untuk mengemukakan pendapatnya, masih banyak siswa yang meribut saat proses pembelajaran sedang berlangsung, kurangnya interaksi antara guru dan siswa, serta siswa kurang terampil dalam mengerjakan contoh-contoh soal yang diberikan oleh guru.Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan penulis adalah dengan penerapan strategi IMPROVE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi IMPROVE lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang meggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 2 Bayang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi IMPROVE lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 2 Bayang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bayang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebanyak 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 sebanyak 23 orang siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah melakukan uji hipotesis dengan mengunakan rumus t-tes, diperoleh > ( , ; ) yaitu 2,4 > 1,68 sehingga hipotesis ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi IMPROVE lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 2 Bayang. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat menerapkan strategi IMPROVE serta memperbaiki kekurangan dalam penelitian ini sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 07:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 07:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16891 |
Actions (login required)
View Item |