PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LISTENING TEAM DISERTAI PEMBERIAN REWARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 PADANG

Fitri, Andriani and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LISTENING TEAM DISERTAI PEMBERIAN REWARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
13. COVER.pdf

Download (462kB)
[img] Text
13. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang merupakan akibat dari siswa yang suka berbicara. Saat pemaparan materi, mereka hanya mendengar, tidak banyak mencatat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran Listening Team disertai pemberian Reward lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran Listening Team disertai pemberian Reward lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 2 Padang, kecuali kelas VII3 dan VII7 dikarenakan kelas unggul. Sampel dipilih dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Untuk pengambilan sampel, dilakukan teknik Random Sampling, terpilih kelas VII4 dengan 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan VII6 dengan 34 orang siswa sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis setelah dilakukan pengolahan data diperoleh tabel = (0,95 ; 66) = 1,669 didapat hitung > tabel yaitu 4,2172 > 1.674, hipotesis H0 : 1  2 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan Strategi Pembelajaran Listening Team disertai pemberian Reward lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:08
Last Modified: 19 Oct 2023 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16893

Actions (login required)

View Item View Item