PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PADANG

Martika, Fitriyanti and Lutfian, Almash and Khairudin, Khairudin (2017) PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16. COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
16. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sulitnya siswa memahami materi matematika membuat siswa tidak sungguh-sungguh dalam belajar yang mengakibatkan rencahnya hasil belajar matematika siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi guided note taking. Dengan diterapkannya strategi ini, diharapkan siswa memiliki keinginan untuk mencatat dan mulai menyukai matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perkembangan aktivitas dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 3 Padang selama diterapkan strategi guided note taking dan pembelajaran biasa. (2) Mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan strategi guided note taking apakah lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa dikelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan stategi guided note taking dan pembelajaran biasa pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan stategi guided note taking lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan kelas sampel dilakukan secara acak karena semua kelas homogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:05
Last Modified: 19 Oct 2023 07:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16895

Actions (login required)

View Item View Item