PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 15 PADANG

Refi, Riyandi Putra and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 15 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
18. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar nilai ulangan harian matematika ke dua semester genap siswa kelas VIII SMP N 15 Padang tahun pelajaran 2016/2017 masih berada di bawah KKM. Terdapat faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu sebagian besar siswa masih enggan bertanya kepada guru apabila tidak memahami materi yang diajarkan sebab kurangnya pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran dan kurang terjadi komunikasi dua arah antara guru dengan siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Script dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP N 15 Padang. Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Padang yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe script lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Padang yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe script lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 15 Padang. Sampel penelitian adalah VIII.5 kelas eksperimen dan VIII.2 kelas kontrol. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-tes pada taraf α = 0,05 menggunakan data tes akhir untuk tes hasil belajar siswa. Data hasil perhitungan tes akhir diperoleh P-value = 0,526 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:48
Last Modified: 19 Oct 2023 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16897

Actions (login required)

View Item View Item