PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SOLOK SELATAN

Reza, Suriani and Susi, Herawati and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19. COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text
19. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang perlu dimiliki oleh siswa. Lemahnya penguasaan konsep dan prinsip oleh siswa yang mengakibatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah menjadi lemah. Untuk itu dalam proses pembelajaran perlu digunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik agar siswa lebih aktif berinteraksi dengan siswa lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Hipotesis penelitian ini adalah Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dua kelas menggunakan uji homogenitas variansi dan dipilih kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalalah kuis dan tes akhir. Dalam penilaian kuis dan tes akhir digunakan rubrik penskoran. Data hasil belajar pada kelas sampel diperoleh dari tes yang diberikan terdiri dari Sembilan butir soal. Hasil tes yang diperoleh dianalisi untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus untuk sampel dua independen. Dari hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:45
Last Modified: 19 Oct 2023 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item