PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 13 PADANG

Rizka, Rahmawati and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 13 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
20. COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
20. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyebab hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah banyak siswa yang tidak fokus pada saat belajar, dalam mengerjakan latihan siswa lebih cenderung melihat jawaban dari temannya, siswa takut untuk bertanya langsung kepada guru tentang materi yang belum dimengerti. Oleh sebab itu, guru sebagai pendidik harus mampu memilih pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada kelas VII SMP Negeri 13 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tujuh kelas yaitu VII sampai VII . Sampel diambil sebanyak dua kelas yang memiliki homogenitas dan mempunyai kesamaan rata-rata. Setelah dilakukan uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, maka untuk kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VII dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VII . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Data hasil tes akhir siswa pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumus t. Berdasarkan analisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh = 0,0801 karena karena ( , ; ) tidak ada yang memenuhi dalam tabel t maka dilakukan interpolasi sehingga diperoleh ( , ; )= 1,6695 karena < ( ; ) maka hipotesis H diterima, berarti hipotesis yang ditolak adalah hipotesis H .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:46
Last Modified: 19 Oct 2023 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16899

Actions (login required)

View Item View Item