Rian, Dwi Tama and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII MTsNPARAK LAWEH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
22. COVER.pdf Download (515kB) |
|
Text
22. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Selain itu, nilai ujian matematika siswa kelas VII MTsN Parak Laweh Padang tahun pelajaran 2016/2017 masih banyak yang di bawah nilai KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan yang dialami siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan tersebut. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Untukmengetahuijeniskesulitandanberapapersenkahkesulitan yang dialamisiswadalammengerjakansoalaritmatikasosialpadasiswakelas VII MTsNParakLaweh, 2) Untukmengetahuipenyebabterjadinyakesulitan- kesulitansiswadalammengerjakansoalaritmatikasosialpadasiswakelas VII MTsNParakLaweh Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Parak Laweh Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa hasil ulangan harian pada materi aritmatika sosial dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) siswa yang mengalami kesulitan konsep 10,52%, 2) kesulitan prinsip 36,84%, 3) kesulitan algoritma 73,68%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan adalah: 1) faktor intern berupa kecerdasan, cara belajar, dan kondisi fisiologis, 2) faktor eksteren berupa fasilitas belajar, hubungan dengan teman, hubungan dengan orangtua/keluarga, dan lingkungan masyarakat sekitar. Dari hasil penelitian, saran yang dapat peneliti berikan agar kesulitan yang dialami siswa dapat dikurangi yaitu sebaiknya guru memeriksa setiap latihan yang dikerjakan oleh murid, dalam proses pembelajaran hendaknya memberikan movitasi yang kuat dalam belajar agar murid lebih semangat dan dapat fokus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 08:18 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 08:18 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16901 |
Actions (login required)
View Item |