PENGARUH PEMAHAMAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 PADANG

Roza, Nofita and Susi, Herawati and Yusri, Wahyuni (2017) PENGARUH PEMAHAMAN AWAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
23. COVER.pdf

Download (434kB)
[img] Text
23. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ketuntasan belajar siswa matematika siswa kelas X MIPA SMAN 5 Padang masih banyak yang kurang dari nilai KKM. Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pemahaman awal siswa yang kurang baik dan minat belajar siswa yang kurang baik. Untuk mengatasi keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Pemahaman Awal dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 5 Padang.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dari pemahaman awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dari pemahaman awal dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 5 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = -19,669 + 0,474X1 + 0,802X2. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, pemahaman awal dan minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu 41,58%. Dari hasil penelitian diharapkan siswa memiliki pemahaman awal dan minat belajar yang baik agar membentuk hasil belajar yang baik dalam belajar matematika. Dengan meningkatkan pemahaman awal dan minat belajar dapat membuat hasil belajar menjadi lebih baik. Selain itu, diharapkan guru juga memberikan bimbingan dan dorongan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:17
Last Modified: 19 Oct 2023 08:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16902

Actions (login required)

View Item View Item