STUDI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI SMPN 31 PADANG

Ridhatul, Ilahi and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2017) STUDI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG BELAJAR DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI SMPN 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
24. COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text
24. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pengetahuan guru mengenai pentingnya gaya belajar khususnya gaya kognitif dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Dalam proses pembelajaran, seringkali guru tidak menyadari adanya perbedaan tersebut, sehingga siswa terbiasa belajar dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang studi hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field independent dan field dependent di SMPN 31 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field independent dan field dependent di SMPN 31 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field independent lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field dependent di SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling berdasarkan hasil angket yang sudah disebarkan kepada seluruh populasi yang berjumlah 271 orang siswa. Dengan jumlah sampel 28 orang siswa yang bergaya kognitif field independent dan 28 orang siswa yang bergaya kognitif field dependent. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk menentukan kelas sampel dan tes uraian untuk melihat hasil belajar kedua kelompok sampel tersebut. Dari analisis data diperoleh harga t = 3,93 sedangkan dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 54 adalah 1,67. Dalam hal ini , sehingga hipotesis : diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field independent lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan gaya kognitif field dependent di SMPN 31 Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:14
Last Modified: 19 Oct 2023 08:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16903

Actions (login required)

View Item View Item