ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 PADANG BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM

AULIA, RAHMAYU FIRDAUS and Susi, Herawati and Fazri, Zuzano (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 PADANG BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
27. COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
27. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Padang dimana hampir sebagian besar siswa dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kemampuan kognitif siswa. Dimana kemampuan kognitif terdiri dari 6 tingkatan yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan(berkarya). Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah : 1) Berapa persenkah hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Padang yang telah mencapai tingkatan mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom. 2) Berada pada tingkatan mana dominan hasil belajar siswa. 3) Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat kognitif hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII3 sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memenuhi tahapan mengingat 77%, Memahami 79%, Menerapkan 69%, Menganalisis 27%, Faktorfaktor yang mempengaruhi tingkat kognitif siswa yaitu siswa tidak teliti saat membaca dan memahami soal yang diberikan, siswa masih kesulitan dalam menerapkan rumus yang akan digunakan dalam pemecahan masalah, siswa masih kesulitan untuk memahami maksud soal yang diberikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:08
Last Modified: 20 Oct 2023 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16906

Actions (login required)

View Item View Item