PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP N 12 PADANG

ALSEPTIKA, BUDAYA and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP N 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29. COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
29. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan hasil belajar yang masih kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) kelas VII SMP N 12 Padang. Hal ini disebabkan karena saat proses pembelajaran siswa tidak siap untuk belajar, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, ketika diberikan soal yang berbeda dengan contoh yang disajikan oleh guru kebanyakan siswa bingung dalam menyelesaikannya. Siswa masih kesulitan dalam merencanakan, mengaplikasikan, serta menentukan langkah-langkah yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, model pembelajaran CIRC dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengurangi permasalahan tersebut. Hipotesis dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa dan mengetahui hasil belajar melalui aspek kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP N 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 12 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.8 sebagai kelas kontrol. Data dalampenelitianinidiperolehdengancarapemberiantesakhirpadakeduakelassampel, testerdiri10butirsoal uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 4,37dan = 1,645, karena > , maka hipotesis penelitian diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:03
Last Modified: 20 Oct 2023 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item