PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KUMON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 SOLOK SELATAN

Angga, Yuni Putra and Mukhni, Mukhni and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KUMON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
30. COVER.pdf

Download (442kB)
[img] Text
30. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 14 Solok Selatan, diantaranya proses pembelajaran matematika yang berlangsung masih terpusat pada guru, siswa tidak memahami materi dengan baik dan ketika diberi latihan, sebagian siswa hanya menyalin latihan temannya sehingga guru sulit memantau pemahaman siswa secara individu. Untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan pembelajaran model kumon. Dengan menggunakan pembelajaran ini diharapkan akan menarik dan siswa dapat mengerjakan latihan secara mandiri sehingga guru dapat memantau pemahaman siswa secara individu, memotivasi siswa untuk lebih belajar mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan aktivitas belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran model kumon lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 14 Solok Selatan tahun pelajaran 2016/ 2017. Hipotesis dalam penelitian ini adalah perkembangan aktivitas belajar matematika siswa yang di ajarkan dengan menggunakan pembelajaran model kumon pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 14 Solok Selatan dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan penerapan pembelajaran model kumon lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 14 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 14 Solok Selatan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, tepilih kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:00
Last Modified: 20 Oct 2023 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item