PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG

Alvisyah, Alvisyah and Lutfian, Almash and Fazri, Zuzano (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
32. COVER.pdf

Download (464kB)
[img] Text
32. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar atau persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru, pada proses pembelajaran hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan mau bertanya. Untuk mengatasi keadaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas belajar siswa dan membandingkan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs dengan yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perkembangan aktivitas siswa selama menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs dan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 31 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang menerapkan Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 31 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebanyak 34 orang siswa sebagai kelas kontrol. Persentase siswa yang melakukan aktivitas belajar pada kelas eksperimen secara umum lebih tinggi dari persentase siswa yang melakukan aktivitas belajar pada kelas kontrol, meskipun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa tidak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:43
Last Modified: 20 Oct 2023 03:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item