PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PADANG

Aprillia, Syafitri and Susi, Herawati and Fazri, Zuzano (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
33. COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
33. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa, kurangnya respon siswa untuk menanggapi pertanyaan guru, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya dan kurangnya keinginan siswa untuk berdiskusi dengan teman dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKS lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan adalah Proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKS lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 13 Padang. Sesuai dengan yang dikemukakan di atas, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Setelah diketahui bahwa populasi homogen dipilih dua kelas sampel. kelas eksperimen yang terpilih adalah kelas VIII2 dan kelas kontrol yang terpilih adalah kelas VIII6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian Berdasarkan data hasil belajar pada kedua kelas sampel diperoleh = 3,47 dan nilai p adalah . Oleh karena berarti tolak dan terima H1. Dengan demikian, disimpulkan bahwa proporsi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:45
Last Modified: 20 Oct 2023 03:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item