PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 29 PADANG

Yulida, Yulida and Mukhni, Mukhni and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE THE POWER OF TWO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34. cover.pdf

Download (506kB)
[img] Text
34. isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 29 Padang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses pembelajaran masih terpusat pada guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang dan siswa enggan untuk bertanya kepada guru apabila menemukan kendala dalam menyelesaikan soal latihan sehingga siswa kesulitan untuk mengerjakan soal latihan. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Active Learning tipe The Power Of Two. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan strategi Active Learning tipe The Power Of Two dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas VII SMPN 29 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Active Learning tipe The Power Of Two lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih kelas VII.7 sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.8 sebanyak 32 orang siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa tes uraian. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan rumus t-tes pada taraf kepercayaan 0,05 diperoleh P = 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Active Learning tipe The Power Of Two lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa, dan peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:51
Last Modified: 20 Oct 2023 07:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item